Welcome

Welcome to Eddy blogger, You Are The Best, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua

Minggu, 20 Oktober 2013

Perangkat pembelajaran

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas VII, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang 1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 1.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur 1.2 Mematikan komputer sesuai prosedur 1.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis S I L A B U S Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrument 1.1.Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekolah dan sekitarnya  Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Tes Lisan Tes Tertulis Uraian Uraian Jelaskan fungsi dari Telepon! Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya. 1 x 40 Perangkat TIK (laptop,hand-phone, multi media dll.), Buku paket, lembar kerja 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melakukan studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Membuat kesimpulan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya Tes tertulis Ter tertulis Uraian/ pilihan ganda Uraian Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! 2 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Tes Lisan Tes Lisan Uraian Uraian Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan! Jelaskanlah peranan TIK dlm kehidupan sehari-hari! 1 x 40 Media cetak, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer  Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer  Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer  Mempraktikkan menyalakan komputer  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes Identifikasi Tes uji kerja Tes uji kerja Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer! Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot” dan “warm boot” 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer  Mengamati demontrasi mematikan komputer  Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah! Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware! 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder  Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Aktifkan Shortcut pada desktop! Aktifkan menu pada menu taskbar! Buatlah folder pada My document! 4 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mata Pelajaran Siti Aminah, S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM TAHUNAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU KETERANGAN 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder Ulangan harian Ulangan tengah semester Ulangan akhir semester Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1. 1 Mengidentifi kasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi Mendeskripsiknperkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4.Mengidentifikasi Berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi 1.5.Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer Melakukan proses ”cold boot” Melakukan proses ”warm boot” 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder,mngganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 Nilai KKM : 70 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTEKS SISWA KKM Guru Sarana / Prasarana 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.1. 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya KKM KOMPETENSI DASAR 1.2 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari KKM KOMPETENSI DASAR 1.3 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.4 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan KKM KOMPETENSI DASAR 1.5 KKM STANDAR KOMPETENSI 1 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 3. 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” KKM KOMPETENSI DASAR 2.1. 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur KKM KOMPETENSI DASAR 2.2 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) KKM KOMPETENSI DASAR 2.3 KKM STANDAR KOMPETENSI 2 KKM SEMESTER 1 (SATU) Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim komentar anda dikolom ini