Welcome
Minggu, 20 Oktober 2013
Perangkat pembelajaran
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 1.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
1.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
1.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
S I L A B U S
Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (Satu/Ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrument
1.1.Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekolah dan sekitarnya
Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Tes Lisan
Tes Tertulis Uraian
Uraian Jelaskan fungsi dari Telepon!
Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.
1 x 40 Perangkat TIK (laptop,hand-phone, multi media dll.),
Buku paket, lembar kerja
1.2. Mendeskripsikan
sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Melakukan studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Membuat kesimpulan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya Tes tertulis
Ter tertulis Uraian/ pilihan ganda
Uraian Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! 2 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.),
buku paket, lembar kerja
1.3. Menjelaskan
peranan teknologi
informasi dan
komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang
Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Tes Lisan
Tes Lisan Uraian
Uraian Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!
Jelaskanlah peranan TIK dlm kehidupan sehari-hari! 1 x 40 Media cetak,
tampilan visual (gambar, video dll.)
1.4. Mengidentifikasi
berbagai keuntungan
dari penggunaan
teknologi informasi
dan komunikasi Keuntungan penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang
Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi Tes tertulis
Tes tertulis Uraian
Uraian Sebutkanlah keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari dan di berbagai bidang
Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Tes tertulis
Tes tertulis Uraian
Uraian
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!
1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari,
tampilan visual (gambar, video dll.)
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (Satu/Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh
Instrumen
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Mengaktifkan komputer Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer
Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer
Mempraktikkan menyalakan komputer Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Melakukan proses ”cold boot”
Melakukan proses ”warm boot” Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja) Tes Identifikasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!
Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot” dan “warm boot” 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur
Mematikan komputer Mengamati demontrasi mematikan komputer
Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!
Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware! 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Aktifkan Shortcut pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!
Buatlah folder pada My document! 4 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Wirotho Agung, , 2013
Mengetahui,
Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mata Pelajaran
Siti Aminah, S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : VII / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU KETERANGAN
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
1.3. Menjelaskan peranan
teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Wirotho Agung, , 2013
Mengetahui,
Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK
Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang
Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
TM N
T
M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1. 1 Mengidentifi
kasi berbagai
peralatan teknologi
informasi dan
komunikasi
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2. Mendeskripsikan
Sejarah
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Mendeskripsiknperkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
1.3. Menjelaskan
peranan teknologi
informasi dan
komunikasi di
dalam kehidupan
sehari-hari Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4.Mengidentifikasi
Berbagai
keuntungan dari
penggunaan
teknologi informasi
dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
1.5.Mengidentifikasi
berbagai dampak
negatif dari
penggunaan
teknologi informasi
dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Ulangan Harian ke 1
Remidial
Mid Semester
Ulangan Umum
Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%)
Pelaks(%)
Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota.
Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 %
TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr
NTM : Non Tatap Muka
TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya
Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr
Pelak : Pelaksanaan
Wirotho Agung, 2013
Mengetahui,
Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK
Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
TM N
T
M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Melakukan proses ”cold boot”
Melakukan proses ”warm boot”
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur
Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder,mngganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Ulangan Harian ke 1
Remidial
Mid Semester
Ulangan Umum
Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%)
Pelaks(%)
memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai
dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota.
Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 %
TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr
NTM : Non Tatap Muka
TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya
Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr
Pelak : Pelaksanaan
Wirotho Agung, 2013
Mengetahui,
Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK
Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : VII / 1
Nilai KKM : 70
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTEKS SISWA KKM
Guru Sarana / Prasarana
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
KKM KOMPETENSI DASAR 1.1.
1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
KKM KOMPETENSI DASAR 1.2
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
KKM KOMPETENSI DASAR 1.3
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
KKM KOMPETENSI DASAR 1.4
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
KKM KOMPETENSI DASAR 1.5
KKM STANDAR KOMPETENSI 1
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
3. 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Melakukan proses ”cold boot”
Melakukan proses ”warm boot”
KKM KOMPETENSI DASAR 2.1.
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur
Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
KKM KOMPETENSI DASAR 2.2
2.3. Melakukan operasi dasar pada
operating system dengan sistematis Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
KKM KOMPETENSI DASAR 2.3
KKM STANDAR KOMPETENSI 2
KKM SEMESTER 1 (SATU)
Wirotho Agung, 2013
Mengetahui,
Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK
Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan kirim komentar anda dikolom ini