Welcome

Welcome to Eddy blogger, You Are The Best, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua

Rabu, 26 Juni 2013

MAKALAH METODOLOGI PENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULUAN
                                                                           
·         LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah suatu hal yang sangat diperlukan didalam membentuk kepribadian bangsa yang berguna bagi seluruh umat manusia. Dalam kegiatan mengarahkan kepada pendidikan yang terbaik diperlukan berbagai komponen yang saling terkait. Diantara kesemuanya itu ada yang berasal dari guru,murid,lingkungan dan sebagainya.
Dalam dunia pendidikan dan pengajaran,yang menjadi focus perhatian adalah pada peserta didiknya,baik di taman kanak-kanak,sekolah dasar,pendidikan  menengah,ataupun di perguruan tinggi serta pendidikan orang dewasa lainya.untuk membentuk peserta didik menjadi lebih terarah dan terbaik.dan dalam hal ini diperlukan beberapa kompetensi guru, diantaranya pemilihan metode yang diterapkan seorang guru agar tujuan pendidikan yang telah dirumuskan terlaksana dengan baik. Jika metodologi pendidikanya baik maka akan baik pula hasil yang akan dicapai dan akan lebih sempurna output/hasil yang akan dicapai.
·         BATASAN  MASALAH
1. Pengertian Metodologi Pendidikan/Pengajaran
2. Prinsip-prinsip Metodologi Pendidikan/Pengajaran
3. Kegunaan mempelajari Metodologi Pengajaran di Sekolah dan Madrasah
           




BAB II
ISI

·         PEMBAHASAN
            1. Pengertian Metologi Pendidikan/Pengajaran
Mengenai Metodologi Pendidikan belum dapat ditemukan definisi yang meyeluruh dan saling melengkapi,tetapi dengan definisi etimologi dan penjelasan tokoh kiranya bisa membetuk sebuah definisi yang sesuai dengan jiwa dan falsafah pendidikan.
Sedikit disinggung tentang metode,menurut  bahasa; metode bersal dari dua kata yaitu “meta” dan “hodos” yang diambil dari bahasa yunani, meta berarti ‘melalui’ dan hodos berarti ‘jalan atau cara’, Kemudian  ditambah kata ‘logi’ yang diambil dari kata ‘logos’ yang berarti ‘akal’ atau ‘ilmu’.yang kemudian diartikan sebagai “ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui.”
Secara umum,metodologi  dapat diartikan sebagai ilmu tentang metode,yaitu sebuah cara kerja yang bersistim untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Sedangkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.
Jadi, Metodologi Pendidikan Pengajaran Agama Islam   adalah ilmu yang membahas cara kerja yang bersistem untuk mempermudah  pelaksanaan  pengajaran agama islam   agar lebih baik.  khususnya pada agama islam, metode dapat diartikan sebagai jalan untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang sehingga terlihat dalam kehidupan yang berpribadi islami.

Metodologi ini adalah sebuah ilmu tentang mengajar,ilmu tentang mengajar ini disebut didaktik. Didaktik adalah ilmu yang membahas tentang kegiatan proses mengajar  yang menimbulkan proses belajar.
Didaktik sendiri dibagi menjadi 2 besar yaitu;
·         Didaktik umum, yaitu yang membahas prinsip-prinsip umum dalam belajar mengajar. Menyangkut didalamnya persoalan yang berkaitan dengan tujuan mengajar,proses belajar pada pelajar,bagaimana agar murid mudah menerima bahan pelajaran dan lain-lain.
·         Didaktik khusus , yaitu meng membahas cara-cara guru menyajikan bahan pelajaran kepada pelajar agar cepat dan tepat. Didaktik khusus ini juga disebut dengan metodik.

2.Prinsip-Prinsip Metodologi Pendidikan/Pengajaran PAI
Prinsip-prinsip dari Metodologi Pendidikan diantaranya adalah :
·         Bersifat mengajar tentang keagamaan islam yang baik dan benar
·         Menerapkan pengetian agama islam dan kebebasan beragama
·         Mengubah tingkah laku yang tidak beragama islam menjadi beragama islam
·         Hasil belajar harus termanifestasi dalam perbuatan
·         Mempermudah pengajaran
·         Membuat orang tidak bosan mempelajari pengajaran islam
·         Harus bersifat memotivasi,kooperatif,kompetensi dan mempertimbangkan individualitas anak didik yang berbeda.
Prinsip-prinsip metodologi pengajaran ini juga harus sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional, Tujuan Institusional,Tujuan Kurikuler,Tujuan Instruksional Umum dan Tujuan Instruksional Khusus.
Tujuan Pendidikan Nasional termaktub didalam undang-undang system pendidikan nasional Bab II pasal 4 yang berbunyi :
“Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,memiliki pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani,kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.”
Tujuan Institusional yaitu tujuan dilihat dari lembaga pendidikanya, jalur pendidikan sekolah atau  jalur pendidikan luar sekolah,Tujuan kurikuler yaitu tujuan dari setiap bidang studi,Tujuan instruksional yaitu tujuan yang mengharapkan kemampuan apa saja yang dimiliki pelajar setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Selain itu yang paling penting didalam prinsip metodologi pengajaran islam adalah harus sesuai dengan isi pendidikan islam yang meliputi segala yang digali dalam al-qur’an yaitu; iman,ilmu,akhlaq dan soc

·         Kegunaan Mempelajari Metodologi Pengajaran Di Sekolah Dan Madrasah

Pada dasarnya metodologi pengajaran adalah suatu hal yang penting dalam pendidikan dan suatu disiplin ilmu yang membahas tentang metode-metode mengajar. Metodologi secara umum sangat  berguna untuk guru dan proses pendidikan agar dapat secara tepat terarah dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik.
Rosulullah SAW juga memberikan banyak petunjuk tentang metode pengajaran,baik mengenai prinsipnya maupun bentuk metodenya, seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh al-Bukhori :
Diriwayatkan dari Anas dari nabi SAW bahwa beliau bersabda,"hendaklah kalian mempermudah dan jangan mempersulit,serta hendaklah kalian memberi kabar gembira dan jangan membbuat orang-orang lari."
Didalam pengajaran disekolah umum,mempelajari metodologi pengajaran PAI ini sangat memberikan kemudahan,terutama dalam mengajarkan pendidikan agama islam di sekolah umum yang waktu pelajaranya sedikit. dan guru diharapkan mampu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan yang baru sesuai pearkembangan zaman.
Demikian pula untuk pengajaran di Madrasah yang sudah sangat rinci dan kompleks mengajarkan tentang pendidikan agama islam, maka metode pengajaranpun sangat berperan agar dalam penyampaian pengajaran pendidikan agama islam dapat lebih diterima membangun pengetahuan,membagun sikap,ketrampilan dan membangun kemauan untuk mengamalkan apa yang telah dipelajarinya  serta agar membuat orang merasa mudah senang dan tidak timbul kebosanan dalam belajar.
seperti diriwayatkan dalam suatu hadist;
"Bahwa abdullah (ibn mas'ud ) biasa mengajari orang-orang pada setiap hari kamis,kemudian seseorang berkata kepadanya,"wahai ayah asdurrahman,sungguh aku suka apabila anda mengajari kami setiap hai." Dia menjawab,"aku tidak berbuat demikian karena aku khawatir membuat kalian bosan,dan karenanya aku memperhatikan waktu dalam menasehati kalian sebagaimana Nabi SAW,memperhatikan waktu dalam menasehati kami karrena khawatir membuat kami bosan.(mutafaqun alaih"
selain itu,dalam islam juga sangat menaruh perhatian tentang metode seperti dijelaskan dalam al-qur'an menurut Mahmud Syaltut dalam bukunya ilaa al-qur'an al-karim :
a.        petunjuk tentang aqidah dan kepercayaan yang harus dianut oleh manusia dan tersimpul dalam keimanan akan keesaan tuhan serta kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasan
b.      petunjuk mengenai akhlaq yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma keagamaan dan susila yang harus diikuti oleh manusiia dalam kehidupan,baik individual maupun kolektif
c.       petunjuk menganai syariat dan hukum dengan jalan manerangkan dasar-dasar hukum yang harus diikuti oleh manusia dalam hubunganya dengan tuhan dan sesamanya.

BAB III
PENUTUP

·         KESIMPULAN
Metode Pendidikan/Pengajaran Islam  adalah cara kerja yang bersistim untuk mempermudah  pelaksanaan  pengajaran  agar lebih baik.  Pada pengajaran  agama islam, metode dapat diartikan sebagai jalan untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang sehingga terlihat dalam kehidupan yang berpribadi islami. Intinya metode pengajaran pendidikan agama islam adalah cara kerja bersistim yang memudahkan guru/pendidik dalam menyampaikan pengajaran agama islam yang terarah dan tepat,agar mendapatkan hasil yang terbaik dalam kegiatan proses belajar mengajar.                               
·         SARAN-SARAN
Hendaknya bagi seorang calon guru ataupun seorang guru mampu menguasai metodologi pendidikan pengajaran agama islam ini agar anak didik menjadi generasi yang berkompeten dalam persaingan dan kemajuan zaman yang semakin maju.
Kami menyadari makalah ini masih jauh dari keempurnaan,dan kami mengharapkan kritik dan saran agar kami bisa berusaha menjadi lebih baik,kami juga mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam makalah ini karena sumber kami yang terbatas. Akhirnya penulis ucapkan terimakasih
DAFTAR PUSTAKA

Aly,Hery Noer.Metodologi Pengajaran agama islam,Jakarta:Amisco Jakarta 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim komentar anda dikolom ini