Welcome

Welcome to Eddy blogger, You Are The Best, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua

Sabtu, 07 Desember 2013

RPP K13 coba


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Pelajaran                 :   Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Nama Sekolah                    :    MAN CERIA SEKALI
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Tema                                   :    Indahnya Berdo’a dengan Nama Allah SWT
Subtema                              :   
A
Mari Renungkan!
B
Iman Kepada Allah SWT.
C
Apakah Makna Asma’ul Husna
D
Hikmah Beriman Kepada Allah SWT
E

Uswah Hasanah
Kelas/Semester                   :    I / I

A.      Materi Pokok                 
-          Makna Asma’ul Husna
-          Nama-nama Asma’ul Husna


B.       Alokasi Waktu   
2 x 45 Menit ( 2 Jam Pelajaran )

C.      Kompetensi Inti  ( KI )
KI-1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2.      Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, dan  
pro-aktif

KI-3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
            prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan

KI-4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

D.      Kompetensi Dasar                     
3.5     Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3     Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,           al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)


E.       Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1        Membaca pelafalan Asma’ul Husna
3.2.2        Menulis lafal Asma’ul Husna
3.2.3        Memahami Makna Asma’ul Husna
3.2.4        Mendemonstrasikan pelafalan Asma’ul Husna dengan benar

F.       Tujuan Pembelajaran   
Peserta didik mampu:
1.    siswa dapat    menyebutkan sifat-sifat Allah beserta maksudnya dengan benar.
2.    Siswa dapat mengartikan  beberapa asmaul husna yang merupakan sifat Allah minimal 10 asmaul husna.
3.    Siswa dapat menjelaskan beberapa asmaul husna dan menghubungkannya dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari
4.    Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap be-riman kepada Allah Swt.




G.      Materi Pembelajaran
    
1.      Makna Asma’ul Husna
Asmaul Husnaberasal dari kata al-asma yang berarti nama-nama dan al-husna yang berarti baik. Jadi al-Asmaul Husnasecara bahasa diartikan dengan nama-nama yang baik. Asmaul Husnaadalah nama Allah yang terbaik. Bisa dikatakan pula sebagai asma Allah yang terindah. Ia merupakan puncak keindahan karena di dalamnya terdapat makna terpuji dan termulia. Nama-nama terindah itu mengandung pengertian kehidupan yang sempurna, yang tidak didahului dengan ketiadaan dan tidak diakhiri dengan kesirnaan. Tidak berawal dan tidak berakhir.

2.      Nama – Nama Asma’ul Husna
a.      Al-Karim   (Maha Mulia)
b.      Al-Mu'min (Maha Mengaruniakan Keamanan)
c.       Al Wakil (Maha Mewakili/Penolong)
d.      Al-Matin (Maha Kokoh/Kuat)
e.       Al-Jami’ (Yang Maha Mengumpulkan)
f.       Al-‘Adl (Maha Adil)
g.      Al-Akhir (Maha Akhir)

H.      Metode Pembelajaran

Metode:
1.    Demonstrasi
2.    TanyaJawab
3.    Drill (latihan)
Model :
Direct  Instruction (model pengajaran langsung)
dipadukandengan model make a match (membuat/mencari pasangan),

I.         Media Pembelajaran
Poster tulisan
Tatangan Slide Asma’ul Husna

J.        Sumber Belajar
1.    Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls X
2.    Buku Belajar Asma’ul Husna
3.    Poster Asma’ul Husna
4.    Video



K.      Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.  Persiapan
1)   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)   Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6)  Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.


10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      mengamati gambar tentang asmaul husna melalui tayangan media ICT/gambar
·      Menyimak bacaan asmaul husna secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan  asmaul husna secara klasikal atau individual

b.    Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  asmaul husna
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan asmaul husna

c.    Eksperimen/Explore
·      Peserta didik mengemukakan isi gambar asmaul husna tersebut
·      Secara berkelompok mendiskusikan asmaul husna yang terdapat pada kisah  asmaul husna
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang asmaul husna baik secara klasikal maupun kelompok

d.    Asosiasi
·      diskusi kelompok tentang asmaul husna secara individual atau kelompok
·      Menguhubungkan kisah asmaul husna dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

e.    Komunikasi.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang asmaul husna secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru


70 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

10 menit

L.       Penilaian Hasil Belajar

a.      Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:





No.


Nama siswa
Aspek yang dinilai


Skor
Maks.



Nilai


Ketuntasan

Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P

































Aspek dan rubrik penilaian.
1.  Kejelasan dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2.  Keaktifan dalam diskusi.
a.    Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
c.    Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 10.
3.  Kejelasan dan kerapian presentasi.
a.   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan  tidak rapi, skor 10.
4.  Tugas
Skor penilaian sebagai berikut.
a. Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya  tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
b. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, 80




Mengetahui,
Kepala MA




NIP.-
Hotel Ceria , 07 Desember 2013

Guru Mata Pelajaran PAI




 Kelompok Kerja
NIP.-




1.