RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam Dan Budi Pekerti
Nama Sekolah : MAN CERIA SEKALI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Indahnya
Berdo’a dengan Nama Allah SWT
Subtema :
A
|
Mari
Renungkan!
|
B
|
Iman Kepada Allah SWT.
|
C
|
Apakah
Makna Asma’ul Husna
|
D
|
Hikmah
Beriman Kepada Allah SWT
|
E
|
Uswah
Hasanah
|
Kelas/Semester : I / I
A. Materi Pokok
-
Makna Asma’ul Husna
-
Nama-nama Asma’ul Husna
B.
Alokasi
Waktu
2 x 45 Menit ( 2
Jam Pelajaran )
C. Kompetensi Inti ( KI )
KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, dan
pro-aktif
KI-3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan
KI-4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Kompetensi Dasar
3.5 Memahami makna
Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir)
E. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1
Membaca pelafalan Asma’ul Husna
3.2.2
Menulis lafal Asma’ul Husna
3.2.3
Memahami Makna Asma’ul Husna
3.2.4
Mendemonstrasikan pelafalan Asma’ul Husna dengan benar
F. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.
siswa dapat menyebutkan sifat-sifat Allah beserta maksudnya dengan benar.
2.
Siswa
dapat mengartikan beberapa asmaul husna
yang merupakan sifat Allah minimal 10 asmaul husna.
3.
Siswa
dapat menjelaskan beberapa asmaul husna dan menghubungkannya dengan perilaku
manusia dalam kehidupan sehari-hari
4. Menunjukkan
perilaku yang mencerminkan sikap be-riman kepada Allah Swt.
G.
Materi
Pembelajaran
1.
Makna
Asma’ul Husna
Asmaul Husnaberasal dari kata al-asma
yang berarti nama-nama dan al-husna
yang berarti baik. Jadi al-Asmaul Husnasecara
bahasa diartikan dengan nama-nama yang baik. Asmaul Husnaadalah nama Allah yang terbaik. Bisa dikatakan pula
sebagai asma Allah yang terindah. Ia merupakan puncak keindahan karena di
dalamnya terdapat makna terpuji dan termulia. Nama-nama terindah itu mengandung
pengertian kehidupan yang sempurna, yang tidak didahului dengan ketiadaan dan
tidak diakhiri dengan kesirnaan. Tidak berawal dan tidak berakhir.
2.
Nama – Nama Asma’ul
Husna
a.
Al-Karim (Maha Mulia)
b.
Al-Mu'min (Maha Mengaruniakan
Keamanan)
c.
Al Wakil (Maha Mewakili/Penolong)
d.
Al-Matin (Maha Kokoh/Kuat)
e.
Al-Jami’ (Yang Maha Mengumpulkan)
f.
Al-‘Adl (Maha Adil)
g.
Al-Akhir (Maha Akhir)
H.
Metode Pembelajaran
Metode:
1.
Demonstrasi
2.
TanyaJawab
3.
Drill (latihan)
Model :
Direct Instruction (model pengajaran langsung)
dipadukandengan
model make a match (membuat/mencari pasangan),
I.
Media Pembelajaran
Poster tulisan
Tatangan Slide Asma’ul Husna
J.
Sumber
Belajar
1. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls X
2. Buku Belajar Asma’ul Husna
3. Poster Asma’ul Husna
4. Video
K. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Persiapan
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta didik dengan
memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
6)
Media/alat peraga/alat bantu
bisa berupa tulisan
manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibaca), atau
dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
· mengamati gambar tentang asmaul
husna melalui tayangan media ICT/gambar
· Menyimak bacaan asmaul husna secara
klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh
keteladanan asmaul husna secara
klasikal atau individual
b.
Menanya
· Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang asmaul
husna
· Mengajukan pertanyaan terkait
dengan asmaul husna
c.
Eksperimen/Explore
· Peserta didik mengemukakan
isi gambar asmaul husna tersebut
· Secara berkelompok mendiskusikan
asmaul husna yang terdapat pada kisah asmaul husna
· Secara berpasangan mendiskusikan
isi gambar tentang asmaul husna baik secara klasikal maupun kelompok
d.
Asosiasi
· diskusi kelompok tentang asmaul
husna secara individual atau kelompok
· Menguhubungkan kisah asmaul
husna dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
e.
Komunikasi.
· Menyampaikan hasil diskusi
tentang asmaul husna secara kelompok
· Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
L. Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek dan rubrik
penilaian.
1. Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut
dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi kurang lengkap, skor 10.
2. Keaktifan
dalam diskusi.
a. Jika kelompok tersebut
berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30.
b. Jika kelompok tersebut
berperan aktif dalam diskusi skor 20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif
dalam diskusi skor 10.
3. Kejelasan
dan kerapian presentasi.
a. Jika
kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat
jelas dan rapi, skor 40.
b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan
rapi, skor 30.
c. Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d. Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak
rapi, skor 10.
4. Tugas
Skor penilaian sebagai
berikut.
a. Jika peserta
didik
dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
b. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan
dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
c. Jika peserta
didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya sedikit ada kekurangan, 80
Mengetahui,
Kepala MA
NIP.-
|
Hotel
Ceria , 07 Desember 2013
Guru Mata Pelajaran PAI
Kelompok Kerja
NIP.-
|
|
|
1.