Welcome

Welcome to Eddy blogger, You Are The Best, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua

Minggu, 20 Oktober 2013

Perangkat pembelajaran

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas VII, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang 1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 1.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur 1.2 Mematikan komputer sesuai prosedur 1.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis S I L A B U S Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrument 1.1.Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekolah dan sekitarnya  Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Tes Lisan Tes Tertulis Uraian Uraian Jelaskan fungsi dari Telepon! Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya. 1 x 40 Perangkat TIK (laptop,hand-phone, multi media dll.), Buku paket, lembar kerja 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melakukan studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Membuat kesimpulan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya Tes tertulis Ter tertulis Uraian/ pilihan ganda Uraian Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! 2 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Tes Lisan Tes Lisan Uraian Uraian Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan! Jelaskanlah peranan TIK dlm kehidupan sehari-hari! 1 x 40 Media cetak, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer  Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer  Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer  Mempraktikkan menyalakan komputer  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes Identifikasi Tes uji kerja Tes uji kerja Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer! Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot” dan “warm boot” 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer  Mengamati demontrasi mematikan komputer  Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah! Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware! 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder  Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Aktifkan Shortcut pada desktop! Aktifkan menu pada menu taskbar! Buatlah folder pada My document! 4 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mata Pelajaran Siti Aminah, S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM TAHUNAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU KETERANGAN 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder Ulangan harian Ulangan tengah semester Ulangan akhir semester Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1. 1 Mengidentifi kasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi Mendeskripsiknperkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4.Mengidentifikasi Berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi 1.5.Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer Melakukan proses ”cold boot” Melakukan proses ”warm boot” 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder,mngganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 Nilai KKM : 70 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTEKS SISWA KKM Guru Sarana / Prasarana 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.1. 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya KKM KOMPETENSI DASAR 1.2 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari KKM KOMPETENSI DASAR 1.3 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.4 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan KKM KOMPETENSI DASAR 1.5 KKM STANDAR KOMPETENSI 1 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 3. 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” KKM KOMPETENSI DASAR 2.1. 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur KKM KOMPETENSI DASAR 2.2 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) KKM KOMPETENSI DASAR 2.3 KKM STANDAR KOMPETENSI 2 KKM SEMESTER 1 (SATU) Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas VII, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang 1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 1.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur 1.2 Mematikan komputer sesuai prosedur 1.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis S I L A B U S Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrument 1.1.Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekolah dan sekitarnya  Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Tes Lisan Tes Tertulis Uraian Uraian Jelaskan fungsi dari Telepon! Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya. 1 x 40 Perangkat TIK (laptop,hand-phone, multi media dll.), Buku paket, lembar kerja 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melakukan studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi  Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Membuat kesimpulan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya Tes tertulis Ter tertulis Uraian/ pilihan ganda Uraian Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! 2 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Tes Lisan Tes Lisan Uraian Uraian Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan! Jelaskanlah peranan TIK dlm kehidupan sehari-hari! 1 x 40 Media cetak, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.) 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari dan di berbagai bidang  Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan! 1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas : VII (Tujuh) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester : 1 (Satu/Ganjil) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tekhnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer  Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer  Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer  Mempraktikkan menyalakan komputer  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes Identifikasi Tes uji kerja Tes uji kerja Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer! Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot” dan “warm boot” 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer  Mengamati demontrasi mematikan komputer  Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah! Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware! 1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder  Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes uji kerja Tes uji kerja Aktifkan Shortcut pada desktop! Aktifkan menu pada menu taskbar! Buatlah folder pada My document! 4 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mata Pelajaran Siti Aminah, S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM TAHUNAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU KETERANGAN 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi Pengelolaan file dan folder Ulangan harian Ulangan tengah semester Ulangan akhir semester Wirotho Agung, , 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 1. Memahami Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Prospeknya di Masa Mendatang Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1. 1 Mengidentifi kasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi 1.2. Mendeskripsikan Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi Mendeskripsiknperkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari 1.4.Mengidentifikasi Berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi 1.5.Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu) Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu KKM Juli Agustus September Oktober Nopember Desember TM N T M 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer Melakukan proses ”cold boot” Melakukan proses ”warm boot” 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder,mngganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) Ulangan Harian ke 1 Remidial Mid Semester Ulangan Umum Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu % Renc (%) Pelaks(%) memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif yang ada pada prota. Keterangan : RUMUS : TK per KD = Jumlah JP per KD X 100 % TM : Tatap Muka Jumlah JPTK dlm Smstr NTM : Non Tatap Muka TK : Target Kurikulum TK per Bulan =Jumlah JP TM per KD X 100% + TK Bulan Sebelumnya Ren : Rencana Jumlah JP TM dlm 1 Smstr Pelak : Pelaksanaan Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah Bina Bangsa Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas / Semester : VII / 1 Nilai KKM : 70 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTEKS SISWA KKM Guru Sarana / Prasarana 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang 1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.1. 1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya KKM KOMPETENSI DASAR 1.2 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari  Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari KKM KOMPETENSI DASAR 1.3 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi KKM KOMPETENSI DASAR 1.4 1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan KKM KOMPETENSI DASAR 1.5 KKM STANDAR KOMPETENSI 1 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 3. 2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer  Melakukan proses ”cold boot”  Melakukan proses ”warm boot” KKM KOMPETENSI DASAR 2.1. 2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur KKM KOMPETENSI DASAR 2.2 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)  Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder  (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file) KKM KOMPETENSI DASAR 2.3 KKM STANDAR KOMPETENSI 2 KKM SEMESTER 1 (SATU) Wirotho Agung, 2013 Mengetahui, Kepala MTs Bina Bangsa Guru Mapel TIK Siti Aminah,S.Ag,M.Pd.I Edi Susanto

Sabtu, 19 Oktober 2013

Kalau begitu berikanlah kepada negara apa yang wajib kamu berikan. Teringatku didalamnya kasih ibu sepanjang hidupku. Sejahat-jahatnya jepang belanda juga jahat. Sultan thaha ikut serta membela langsung harkat-martabat bangsanya. Hatiku larut dalam kesunyian malam, jiwa dan ragaku pun ku serahkan untuk tanah air tercinta. Rusaklah hidupmu bila kau tinggalkan pramuka,ingat dan sadarlah jangan pernah membabi buta. Kutunggu bhaktimu hai anak-anak muda, dunia kepanduan penuh dengan kekerabatan.mulailah melangkah perlahan jika tak mampu berlari, semutlak-mutlaknya melangkah lebih berharga daripada diam saja jika kau laki-laki janganlah merendahkan harga dirimu seperti yang diajarkan ibu ayah. Jika hidup banyak rintangan,darah      mu sangat berguna seperti pahlawan disingaraja dan bila latihan menjemukan,hati kuserahkan sampai titik hayalan jingga.

A=1
20 5 13 21 11 1 14   ( T )   14 1 13 1  8 5 23 1 14 dalam paragraf diatas


Kusapa nusantara yang indah dan permai, dengan api abadi dan janji seorang pandu kepada ibu pertiwi,dan tak lupa kutuliskan satu morse. di arena kehidupan pandu ini aku menemukan arti akan kebahagiaan itu tidak timbul dar kekayaan, dan juga tidak dari pangkat yang menguntungkan atau dari kesenangan pribadi. Melainkan disaat kita mencampakkan jauh-jauh perasaan egoisme akan kerasukan kesenangan duniawi,karena jalan kearah bahagia sesungguhnya adalah membahagiakan oranglain. Walau begitu banyak batu karang yang menghadang dan bagai menerjang pandu ini akan selalu bersinar untuk menegakkan panji-panji tunas kelapa. Ketika keragu-raguan mulai meradang tunas-tunas bangsa,kurapatkan kembali keyakinan panggilan jiwa ini,karena ku disini percaya bahwa tuhan akan selalu memberikan pertolongan kepada hambanya yang berusaha. Mendung yang kelabu telah mendasari awang-awang yang akan menumpahkan hujan dan melukiskan pelangi, semuanya itu adalah inventaris yang dimulai dengan kehancuran dan telah disentrialkan oleh tuhan untuk menyelaraskan beberapa urutan tentang keindahan dan keajaiban yang telah diciptakan tuhan untuk kita nikmati. Jika dasar jiwa pandu bersiap untuk mati dan hidup demi janjinya,maka beberapa dekade mampu untuk membuktikan bahwa jiwa kepanduan itu sangat tinggi maknannya. Begitu banyak rasa nasionalisme yang habis ulah kita sendiri yang tak pernah lagi mengahargai jasa-jasa pahlawan terdahulu. Selain dari itu banyak juga para pejabat yang tak pernah ambil pusing masalah tersebut karena yang ada di otak mereka hanya jabatan dan kekayaan. Jerit tangis rakyat tak pernah mereka pedulikan,padahal mereka selalu mengproklamirkan bahwa kata-kata rakyat adalah perkataan Tuhan. Maka didalam kepramukaan kita diajarkan tentang makna dasa dharma agar kita selalu peduli akan sesama dan mempunyai jiwa patriotisme. Akan tetapi lekas ku ingat dari itu sebelum jiwa ini lepas dari jasad,kita harus menyebarkan virus-virus pandu itu keseluruh pelosok indonesia. Salam pramuka!!!!!
Tande mandu kanda nand 20 nanda manda pande nandy anda kandi tand danda randi panda randa gand randa fand inda tandu

Ketika peluru menembus perutku, seakan-akan semua menepis angan-angan indahku akan surgawi dunia,hidup yang kejam bukanlah sebagai pengangguran tetapi adalah hidup tanpa refleksi dan kreatifitas, jiwa akan tenang kalau terdukung oleh sebuah cita-cita dan harapan yang tak pernah sirna, janganlah semua itu menjadi duri-duri antara hidupmu dengan Tuhan, dan janganlah kamu menyesal akan liku-liku kehidupanmu,memang bemar kisah yang seram buta,namun tak semudah itu kita membayangkan dan meyakininya, prinsip hidup yang keras emang kalahkansemua yang menghadang,jiwa pramuka sesungguhnya dapat melontarkan berbagai permasalahan dalam hidup ini termasuk untuk melatih ketenangan hidup tetapi hanya sedikit kalangan yang sanggup memahami itu. Langkahku tergamang galau karena nasionalisme telah diruntuhkan penjajah bertipe arogan yang tak terlihat bagaikan musang kelaparan. Oleh karena itu kita bangitkan kembali ide-ide lima dasar Negara. Begitu banyak cerita perjuangan menumpahkan jiwa-jiwa tak terganti yang tidak pernah kita hiraukan lagi, maka jaganlah kita hanya bisa menanti munculnya para pandu membawa panji kemerdekaan itu lahir kembali. Demikianlah sang maestro berinspirasi di Cimanggis tepatnya di wilayah pantai garut Bandung.

-/./- -/..-/-.-/.-/-./.-../.-/..../ (..---/-----) -./.-/--/.-

-.../..-/.-/....

Nama mata uang sedunia

Nama mata uang asing
No.
Nama negara
Nama mata uang
Lambang
1
Afghanistan
Afgani
Af
2
Afrika Selatan
Rand
R
3
Afrika Tengah
Franc CFA
CFAF
4
Aljazair
Dinar Aljazair
DA
5
Andora
Franc
F
6
Angola
Kwanza
Kw
7
Antigua dan Barbuda
Dollar Karibia Timur
EC$
8
Aruba
Florin Aruba
AfI
9
Austria
Scihiling
S
10
Bahama
Dollar Bahama
B$
11
Bahrain
Dinar Bahrain
BD
12
Bangladesh
Taha
Th
13
Barbados
Dollar Barbados
BDS$
14
Belgia
Franc Belgia
BF
15
Belize
Dollar Belize
BZ $
16
Benin
Franc CFA
CFAF
17
Bermuda
Dollar Bermuda
Ber$
18
Bhutan
Ngultrum
Nu
19
Bolivia
Boliviarnus
Bs
20
Botswan
Pula
P
21
Bulgaria
Lev
Leva
22
Burkinavaso
Franc CFA
CFAF
23
Burundi
Franc Burundi
Fbu
24
Canada
Dollar Canada
Can $
25
Cekoslovakia
Koruna
Kcs
26
Chad
Franc CFA
CFAF
27
Chii
Peso
Ch$
28
Denmark
Krone
Dkr
29
Dominika
Peso
EC$
30
Emirat Arab
Dirham U. A. E.
Dh
31
Equador
Sucrve
OS1
32
Ethiopia
Birr
Br
33
Finlandia
Markka
Fmk
34
Gabon
Franc CFA
CFAF
35
Gambia
Dalasi
D
36
Ghana
Cedi
C
37
Grenada
Dollar Karibia Timur
EC$
38
Guadeloupe
Franc Prancis
F
39
Guam
Dollar Amerika
Us$
40
Guatemala
Queizal
Q
41
Guyana
Guyana
G$
42
Haiti
Courde
G
43
Hongaria
Forint
Ft
44
Indonesia
Rupiah
Rp
45
Inggris
Pound Sterling
£
46
Irlandia
Pound Irlandia
I
47
Islandia
Krona
ISK
48
Israel
Sheqel
NIS
49
Italia
Lire
Lit
50
Jamaika
Dollar Jamaika
J$
51
Jerman
Deutsche Mark
DM
52
Jibuti
Franc Djibuti
DF
53
Kamerun
Franc CFA
CFAF
54
Kenya
Shilng Kenya
Ksh
55
Kepulauan Faeroe
Kroon Faeroe
Fkr
56
Kepulauan Solomon
Dollar
SI$
57
Kiribati
Dollar Australia
$A
58
Kolumbia
Peso
Col $
59
Komoro
Franc Komoro
CF
60
Kongo
Franc CFA
CFAF
61
Korea Selatan
Won
62
Korea Utara
Won
63
Kuwait
Dinar Kuwait
KD
64
Laos
New Kip
KN
65
Lesotho
Loti
ML
66
Liberia
Dollar Liberia
L $
67
Libia
Dinar Libia
LD
68
Luxemburg
Franc Luxemburg
Lux F
69
Madagaskar
Franc
FMG
70
Maladewa
Rufiyaa Malawi
Rf
71
Malawi
Kwacha Malawi
MK
72
Mali
Franc CFA
CFAF
73
Malta
Lira Malta
Lm
74
Maroko
Dorham Maroko
DHs
75
Martinik
Franc
F
76
Mauritania
Ouguiya
UM
77
Mauritlus
Rupee Mauritia
Mau
78
Mayotte
Franc
F
79
Meksiko
Peso
Mex $
80
Mesir
Pound
£
81
Mikronesia
Dollar Amerika
US$
82
Mozambik
Metical
Mt
83
Myanmar
Kyat
K
84
Namibia
Rand
R
85
Nepal
Rupee Nepal
NRs
86
Nicaragua
Kordoba
C$
87
Nigeria
Naira
N
88
Norwegia
Kroon Norwegia
NKr
89
Oman
Rial Omani
RO
90
Pakistan
Rupee Pakistan
PRs
91
Panama
Balboa
B
92
Pantai Gading
Franc CFA
CFAF
93
Papua Nugini
Kina
K
94
Paraguay
Guarani
G
95
Perancis
Franc
F
96
Peru
Inti
I
97
Polandia
Zloty
ZL
98
Polinesia
Perancis Franc
CFPF
99
Portugal
Escudo
Esc
100
Puerto Riko
Dollar Amerika
US$
101
Qatar
Riyal
QR
102
Reunion
Franc
F
103
Rwanda
Franc Ruanda
RF
104
Saint Kitts
Dollar Karibia Timur
EC$
105
Saint Vincent
Dollar Karibia Timur
EC$
106
Samoa Barat
Tala
WS$
107
San Marina
Lira Italia
Lit
108
Santa Lusia
Dollar Karibia Timur
EC$
109
Sao Tome dan Principle
Dobra
Db
110
Senegal
Franc CFA
CFAF
111
Seychelles
Rupee Seychelles
SR
112
Sierra
Leone
Le
113
Siprus
Pound Siprus
114
Somalia
Shilling Somalia
So Sh
115
Spanyol
Peseta
Pta
116
Sudan
Pound
£sd
117
Suriah
Pound Suriah
118
Suriname
Guilder Suriname
Sf
119
Swedia
Kroon Swedia
SKr
120
Swiss
Franc Swiss
Sw f
121
Taiwan
Dollar Taiwan
NT$
122
Tanzania
Shilling Tanzania
TSh
123
Togo
Franc CFA
CFAF
124
Tonga
Pa’anga
T$
125
Teinidad dan Tobago
Dollar Trinidad dan Tobago
TT$
126
Tunisia
Dinar
D
127
Turki
Lira
LT
128
Tuvalu
Dollar Tuvalu
$T
129
Uganda
Shilling Uganda
Ush
130
Uzbekistan
Rubel
Nur$
131
Vanuatu
Vatu
VT
132
Venezuela
Bolivar
B
133
Vietnam
Dong
D
134
Yaman
Rial
YRI
135
Yordania
Dinar
JD
136
Yugoslavia
Dinar Yugoslavia
Din
137
Yunani
Drachma
Dr
138
Zaire
Zaire
ZRN
139
Zambia
Kwacha Zambia
K
140
Zimbabwe
Dollar Zimbabwe
Z$